Senin, 04 April 2011

CRM yang tepat untuk prodi Teknik Informatika


1.    Pembayaran SPP
Dalam pembayaran SPP pun, seharusnya CRM bisa  diterapan. Dengan mengatur jadwal pembayaran setiap program studi dan waktu KRS yang diterapkan. Sehingga tidak akan menyebabkan antrian begitu panjang. Dan mahasiswa sebagai customer merasa di layani dengan baik.
2.    Periode KRS
Ketika periode KRS Campus menuliskan di  Portal, web dan juga spanduk di area campus, namun ternyata mahasiswa pun masih banyak yang lupa dan terlambat dalam melakukan KRS. Maka disini dalam penerapan CRM nya adalah dengan menerapkan system, yang mana akan mengirimkan sms pengingat kepada Mahasiswa untuk tidak lupa melakukan KRS.
3.    KRS
Banyak kendala ketika mahasiswa melakukan KRS, dimana kelas penuh, tidak bisa memilih dosen pengampu, banyak yang bentrok jadwal satu dengan lain.
Maka disini CRM nya adalah Campus memberikan layanan kemudahan untuk  Mahasiswa untuk memilih mata kuliah sesuai yang akan ambil dan dapat memilih dosen pengampu yang mahasiswa mau. Sehingga mahasiswa senang dan dapat  berkonsentrasi karena itu atas pilihan mereka sendiri.
4.    Praktikum dan Pembayaran Praktikum
Pada periode pembayaran praktikum mahasiswa UAD, selalu saja antri yang panjang dan lama. Ini salah satu pelayanan yang tidak memuaskan customer yaitu mahasiswa. Disini seharusnya CRM diterapkan. Dengan memberikan kemudahan dalam pembayaran praktikum dengan mengatur jadwal pembayaran sehingga  tidak terjadi antrian yang begitu panjang dan lama karena harus mengejar kuota jam praktikum.

0 komentar:

Posting Komentar