Jumat, 01 April 2011

Konsep Proses Sistem Operasi BlackBerry


Keadaan Proses:
·       Prosesproses yang dikelola oleh sistem black berry akan melalui serangkaian keadaan yang merupakan bagian dari aktivitasnya. Keadaan proses ini disebut sebagai status proses yang terdiri dari:
·       Status New yaitu status dimana proses sedang dibuat. Misalnya anda pertama kali membuka aplikasi BBM (nah pada saat pembukaan aplikasi maka dia sedang menciptakan suatu proses)
·       Status Running yaitu status dimana proses dieksekusi. Pada status ini instruksi – instruksi pada proses. Misalnya anda sedang chating dengan BBM maka proses sedang Running.
·       Status Terminated yaitu status dimana proses diakhiri. Misalnya anda menutup Aplikasi BBM maka proses berstatus terminated.
·       Sebuah proses menjadi Terminated disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:
·       Proses memang sudah selesai mengerjakan tugasnya, sehingga diakhiri secara normal. Misalnya anda sedang menutup aplikasi Music Player pada BB.
Terjadi kesalahan perhitungan misalnya mengerjakan instruksi pembagian dengan nol (division by zero) , atau menyimpan angka yang lebih besar daripada yang dapat diakomodasi oleh perangkat keras blackberry.
Terjadi kegagalan I/O seperti kegagalan pembacaan dan penulisan file.
Proses induknya berakhir, pada kasus ini suatu proses dibuat oleh proses lain, proses pembuat disebut sebagai parent, sedangkan proses yang dibuat disebut sebagai child . Sistem dirancang untuk mengakhiri secara otomatis prosesproses childnya bila proses parent berakhir.
Proses child diakhiri atas permintaan proses parentnya. Pada kasus ini parent mengirim signal tertentu untuk mengakhiri childnya misalnya mengirim signal SIGQUIT, SIGKILL atau SIGTERM.

0 komentar:

Posting Komentar