Jumat, 18 Maret 2011

BlackBerry OS


 Tugas Kuliah
 Source: http://www.berryindo.com/forum/topic/sejarah-blackberry

BlackBerry OS


BlackBerry OS merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh RIM (Research In Motion) untuk produk-produk BlackBerry-nya. OS ini mendukung multitasking dan dukungan khusus bagi perangkat-perangkat inputnya seperti trackwheel, trackball, trackpad dan touchscreen. Platform BlackBerry terkenal dengan dukungannya dengan email korporat melalui MIDP 1.0 dan MIDP 2.0. Dimana platform ini juga mendukung sinkronisasi dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, dan Novell GroupWise. BlackBerry mendukung WAP 1.2 untuk koneksi ke jaringan internet. Selain itu, update OS-nya juga dapat dilakukan melalui layanan BlackBerry OTASL (Over The Air Software Landing) sesuai dengan carriernya. BlackBerry OS juga merupakan OS terbuka dimana pengembang pihak ketiga dapat mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk BlackBerry menggunakan BlackBerry API (Application Programming Interface). Perangkat Blackberry adalah device yang sama dengan hanphone lain yang mempunyai fasilitas telepon dan sms. Tetapi perangkat BlackBerry sendiri yang membedakannya adalah operating systemnya, karena operating system BlackBerry merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor Blackberry). 

v Perkembangan BlackBerry OS


          Perangkat BlackBerry diperkenalkan tahun 1997 oleh Perusahaan Kanada, Research in Motion(RIM). Perangkat ini memiliki kemampuan menyampaikan informasi jaringan data nirkabel. Pengertian BlackBerry senidiri adalah perangkat handshet nirkabel yang mepunyai kemampuan push email,telepon seluler,sms,faksimili internet,browsing, dan kemampuan nirkabel lainnya. BlackBerry mulai dikenalkan di Indonesia pada Desember 2004 oleh operator di Indonesia. Pasar BlackBerry mulai diramaikan oleh berbagai operator dengan menyediakan berbagai pilihan layanan seperti BlackBerry Internet Service dan BlackBerry Enterprise Server+ (BES+). BES+ adalah layanan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft
8 Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam. Sejauh ini fasilitas BlackBerry sudah diterapkan di berbagai perusahaan yang karyawannya diharuskan memakai perangkat yang disebut multi tasking ini. Beberapa OS BlackBerry yaitu:

BlackBerry OS 6.0

BB OS 6.0 dilengkapi dengan UI memikat. WebKit browser baru dari OS memungkinkan pengalaman browsing yang lebih cepat dan lebih kaya fitur pendukung seperti browsing tab, multitasking, dan favorit. BlackBerry OS 6.0 juga memiliki fitur animasi baru, grafik, transisi dengan pop up menu dan home screen yang memungkinkan berbagai macam pandangan.. Media player merombak total dan menawarkan dukungan multi-touch.. Kinetic scrolling membuat bergulir melalui halaman web, daftar dan email, pengalaman halus.. BlackBerry OS 6.0 tampaknya layar sentuh sentris karena sebagian besar perangkat tambahannya fokus pada antarmuka sentuh.


BlackBerry OS 5.0

Peningkatan terbesar di OS 5.0 adalah perusahaan - SPEED. cepat dan banyak snappier dari versi sebelumnya OS.. Menu membuka dan menutup tanpa penundaan. Selain kecepatan, perubahan lain dalam OS adalah halus seperti UI tampaknya sedikit dipoles dan ada penambahan aplikasi baru, File. File konfigurasi jaringan berbagi akses bagi pengguna BES. Browser mendukung Google Gears dan lebih interaktif dari OS sebelumnya. Dalam v5.0, pengendali tanggal tetap stasioner sementara gulungan pengguna melalui email. OS 5.0 juga memberikan pilihan untuk mengubah ukuran gambar sebelum mentransfer secara online. fitur tambahan lainnya adalah bendera email, pilihan untuk meneruskan entri kalender, dan aplikasi BlackBerry Maps diperbarui yang jauh lebih cepat dari versi sebelumnya.


BlackBerry OS 4.7

BB OS 4.7, Sistem operasi yang cepat, responsif dan menawarkan UI rapi. Alat seleksi ditemukan di v4.7 membuat copy dan paste lebih mudah. Bila Anda memilih teks, kotak kecil muncul yang dapat slide baik cara untuk memilih teks akurat. BlackBerry OS 4.7 menawarkan lebih baik dan jauh lebih stabil pengalaman browsing daripada versi sebelumnya. Browser ini dilengkapi dengan 'Go' tombol hijau sehingga memudahkan pengguna web mobile pertama kalinya, ditambah halaman web, serta gambar, terlihat lebih baik dan jelas. Peningkatan ini di OS 4.7 membuat pengalaman telepon lebih menyenangkan. Overall, it's a great update. Secara keseluruhan, ini update yang besar.



BlackBerry OS 4.6

BlackBerry OS 4.6 tidak ada baru untuk menawarkan dibandingkan dengan v4.5 kecuali untuk hotkey Q untuk profil bergetar dan pilihan untuk mengaktifkan Bluetooth handset pertengahan panggilan. BlackBerry OS 4.6 fitur Wi-Fi tambahan, aplikasi jam ditingkatkan dan diperbarui fitur multimedia seperti video streaming inline dalam aplikasi browser, preview gambar layar penuh, aplikasi video kamera diakses dari ikon kamera dan daftar putar otomatis untuk melihat lagu.. Fitur BlackBerry browser meningkatkan dukungan dari standar web seperti CSS 2.1 dan AJAX, memeriksa ejaan kontinyu dan file dapat didownload melalui browser.



BlackBerry OS 4.5

BlackBerry OS 4.5 lebih baik dibandingkan dengan OS 4.3. OS 4.5 fitur 'Over-The-Air' upgrade perangkat lunak, musik playlist otomatis, audio-video streaming lewat RTSP, dukungan HTML email, DocsToGo melihat dan mengedit dan mencari remote untuk pesan email.



BlackBerry OS 4.3

BlackBerry OS 4.3 adalah untuk perangkat BlackBerry mobile dengan kapasitas 64MB + penyimpanan. OS 4.3 enables video recording with Flash. OS 4.3 memungkinkan merekam video dengan Flash.. Versi ini hadir dengan tema L Dimensi yang menggabungkan ikon dari atas kiri dengan yang di sepanjang bagian bawah. Aplikasi ini keren memungkinkan pengguna untuk membuat VoiceNotes dan mengirim mereka melalui email, MMS, PIN atau IM.



Secara keseluruhan, BlackBerry OS memiliki banyak keunggulan yang membuatnya diminati oleh para konsumen. Terutama konsumen dari dunia bisnis dan remaja. Hal ini dikarenakan BlackBerry OS sangat mendukung untuk berkomunikasi baik dalam bentuk email, chat, social network, dan lain lain. Selain itu, semua layanan tersebut dapat dinikmati oleh konsumen dalam satu paket yang dihargai dengan harga yang terjangkau. Dengan paket tersebut konsumen dapat menikmati berbagai macam layanan data BlackBerry tanpa ada batasan tergantung pada paketnya. Konsumen dapat melakukan browsing, social networking, email, dan lain lain. Keterbukaan BlackBerry OS dengan berbagai macam aplikasi pihak ketiga membuat BlackBerry OS kaya akan fitur dan nilai tambah yang dapat menambah daya tarik konsumen untuk memiliiki produkproduk keluaran RIM tersebut.




0 komentar:

Posting Komentar